Recent

banner image

Cara instalasi MinGW compiler untuk pengguna windows

Cara Install MinGW Compiler untuk pengguna Windows

Bahasa C/C++ adalah salah satu bahasa pemrograman dasar yang dipelajari di sekolah-sekolah atau perguruan tinggi. Sebelum program dengan bahasa C kita jalankan, kode program bahasa C harus diterjemahkan ke bahasa komputer, yang dikenal dengan proses compile. Untuk proses compile bahasa C/C++, diperlukan tool yaitu MinGW. Bagi pengguna Linux tidak perlu lagi install dan seting MinGW, karena biasanya sudah ada. Tapi bagi pengguna windows, harus install dan seting path-nya agar bisa kita gunakan.
Pada artikel ini saya akan berbagi cara mudah install dan seting MinGW di Sistem Operasi windows. Baik langsung saja kita mulai, namun sebelumnya kita siapkan terlebih dahulu MinGW-nya. Bisa didownload melalui link dibawah ini :


Installasi

Setelah kita siapkan file kita buka file tersebut atau dengan double klik. Namun sebaiknya gunakan Run Administrator, karena MinGW ini akan langsung melakukan extract file. Jadi dengan kita Run Administrator kita bisa langsung pilih lokasi extract ke drive C, namun jika tidak menggunakan Run Administrator pasti akan terjadi kesalah jika kita extract di Drive C.

Setelah kita buka akan muncul dialog untuk memilih lokasi extract, dan bisa juga sekaligus tempat penyimpana file program MinGW. Kita pili saja ke C:\Program Files. Kmudian pilih extract.
Dan tunggu sampai proses extract selesai. Dialog akan hilang secara otomatis jika proses extract telah selesai.
Sampai proses ini MinGW sebenarnya sudah terpasang, tetapi belum bisa kita gunakan karena path belum kita atur. Jika kita cek melalui CMD maka akan seperti tampilan berikut

Pesan CMD diatas menandakan bahwa printah gcc atau g++ belum dikenali oleh Sistem Operasi. Jadi perlu kita atur path terlebih dahulu.


Pengaturan path

Untuk mengatur path sebenarnya tidak sulit. Berikut langkah-langkahnya

Pertama kita masuk dulu ke direktori atau folder tempat file MinGW di simpan, masuk ke C:\Program Files\MinGW\bin seperti tampilan berikut
Kemudian kita copy alamat foldernya, perhatikan gambar berikut



Kemudian untuk memberitahu lokasi MinGW pada Sistem Operasi, kita masukkan alamat tadi ke Sistem, pada Computer klik kana => properties
Masuk ke Advaced system setting
Akan muncul jendela system properties, pilih Environment Variabels

Kemudian cari variabel path pada System variabels, kemudian klik Edit.
Akan muncul lagi jendela Edit System variabels
Kemudian kita paste alamat file MinGW yang telah kita copy tadi di paling kanan, tapi sebelum ki paste kita harus pisahkan dari alamat yang sudah ada didepannya dengan titik koma " ; ".
Setelah selesai kita simpan. Kemudian kita coba lagi dengan perintak gcc atau g++ pada CMD.
Jika kita inputkan perintah gcc atau g++ kemudian muncul tampilan seperti diatas berarti installasi dan pengaturan path MinGW telah berhasil dan MinGW sudah bisa kita gunakan untuk mengcompile program bahasa C atau C ++.

Pemberitahuan perintah gcc digunakan untuk compile bahasa C, sedangkan g++ digunakan untuk compile bahasa C++.

Sekian,
 semoga artikel pembahasaan saya diatas dapat membantu teman-teman semua jika ada yang ditanyakan silahkan tinggalkan kata-kata di kolom komentar 
Terima kasih.

No comments:

Silahkan berkomentar dengan bijak sesuai dengan topik pembahasan

Powered by Blogger.